Sunday, September 9, 2012

Basic Lesson : Major Scale ( Teori )


    hi all, disini saya mau share salah satu yg plg basic dlm belajar musik yaitu;  Major Scale.
pastinya sudah bnyk yg tau & mengerti apa itu Major Scale. Namun bagi yg belum faham, ringkasnya secara bahasa Major Scale itu kalau 'di indonesiakan' artinya Tangga Nada Major. Major disini berarti scale yg 'utama'. layaknya fondasi dalam bangunan, Major Scale adalah fondasi dlm bermusik, ini sangat penting untuk dipelajari karna dia nanti bkl jadi patokan untuk menentukan formula atau rumus untuk Scale2 yg lain, triad, arpeggio, dan materi lain2 dlm musik berakar dari Major Scale ini.  

 Ok ini dia Major Scale, do-re-mi-fa-sol-la-si-do' (nah kan udh pd tau hehe..) dimana ada 7 nada yg sangat familiar di kuping kita. Dengan notasi angka berarti 1-2-3-4-5-6-7-1'. kita mulai dengan C Major Scale. C Major Scale berarti C-D-E-F-G-A-B-C. kita lihat dlm tuts piano jarak nada per nadanya, ada yg jarak nadanya 1 (whole) contoh; jarak nada C ke D, G ke A. dan ada yg jaraknya setengah nada (half) seperti E ke F, dan B ke C. sehingga nanti di dapat rumus urutan jarak nadanya; 1-1-1/2-1-1-1-1/2 atau w-w-h-w-w-w-h.

Sekarang perhatikan dalam rumus w-w-h-w-w-w-h ini adalah berarti jarak 1 (do) ke 2 (re) adalah satu nada (w). Jarak 2 (re) ke 3 (mi), satu nada (w) juga. Jarak 3 (mi) ke 4 (fa) adalah setengah nada (h). dan begitu seterusnya, sehingga bisa kita perhatikan dlm gambar di bawah.

                            
                               *nada ke 8 itu adalah 'do' juga namun lebih tinggi satu oktaf, biasa diganti dengan 1'.

Dengan memahami rumus jarak nada ini kita bisa memainkan Major Scale di nada dasar (do) yg lain, misalnya kita akan memainkan G Major Scale. kalo kita tidak faham, mungkin kita akan mengeja G Major Scale seperti ini; G-A-B-C-D-E-F-G'. jd lurus aja sesuai degree (urutan) nya. Padahal itu bukan lah G Major Scale. Karna rumus jaraknya tidak sesuai. coba kita perhatikan satu2 jaraknya;

  w    w   h    w   w   h   w
 1   2    3   4    5    6   7    1'
G - A - B - C - D - E - F - G'

di atas kita lihat jarak E ke F adalah 1/2 nada (h), sedangkan rumus Major Scale mengharuskan jarak nada 6 ke 7 itu adalah 1 nada (w). nah disini  kita harus sesuaikan lagi jaraknya, caranya dengan menaikan nada F nya setengah nada. Itu bisa dilakukan dengan salah satu fungsi tanda Accidental (Accidental Sign). Accidental Sign ada 3 macam, yaitu ;

1.  tanda Sharp (#) atau kres dlm bhs Indonesia. fungsinya untuk menaikan 1/2 nada.
2.  tanda Flat    (b) atau mol dlm bhs Indonesia. fungsinya untuk menurunkan 1/2 nada.
3.  tanda Natural . fungsinya untuk mengembalikan ke nada semula.


 contoh; nada C kita naikan setengah nada menjadi nada C# (C sharp), G naik stgh jadi G#, etc.
contoh lain B kita turunkan setengah, jadi nada Bb (B flat), E turun stgh jadi nada Eb, etc. Tanda Natural kita bahas di lain kesempatan. dengan begini kita juga mengenal istilah Enharmonis, yaitu dua nada yg sama bunyi nya, tetapi beda nama.

Contoh ;  F#  =  Gb     C# = Db  (*liat gmbr tuts piano di atas lg)

Sehingga dengan tanda accidental ini, kita tidak hanya punya 7 nada saja dlm bermusik, tetapi 12 nada/key yg disebut Kromatik (Chromatic Scale ). sepertti halnya Major Scale, Kromatik merupakan scale juga, yg memiliki rumus jarak setengah di setiap nadanya.



Sekarang kembali ke G Major Scale td. Dengan menaikan F ke F#, baru kita dapat jarak nada yg tepat


  w    w   h    w   w    w    h
 1   2    3   4    5    6    7     1'
G - A - B - C - D - E - F# - G'

jadi kalo dalam G Major Scale, nada ke 7 (si) nya bukan F lg, tp yg benar adalah nada F#. sehingga nanti dampak nya apabila dlm materi yg lebih jauh lg, kita tidak bakalan salah. Maksudnya seperti ini, ambil contoh misalnya di dalam materi Arpeggio (*pembahasan lbh detil ttg arpeggio di lain kesempatan) penjelasan singkatnya rumus Arpeggio Major 7 adalah 1-3-5-7 ( artinya kita hanya memainkan nada Do, Mi, Sol, Si ), kl kita mainkan dlm nada dasar C mudah kita untuk menyebutkan isi nadanya adalah;C-E-G-B , nah apabila kita ubah nada dasar nya ke G, kalo basic Major Scale ini kita 'ga mudeng', mungkin kita akan memainkannya seperti ini G-B-D-F . jelas sekali itu salah, karna seharusnya nada ke 7 (si) dari G major scale adalah F#. jadi G major 7 arpeggio yg benar yaitu G-B-D-F#. memang bahasan arpeggio ini bukan materi basic, tp disini saya coba gambarkan pentingnya memahami Major Scale, seperti yg sudah saya bilang di awal :)

  Sekarang kita ambil contoh Major Scale di nada dasar yg lain, misalnya F Major Scale. kalau kita eja sesuai degree nya seperti ini jadinya;

  w    w   w    h   w   w   h
 1   2    3   4    5    6   7    1'
F - G - A - B - C - D - E - F'

jelas ini bukan F Major Scale, sekarang kita sesuaikan dengan cara menurunkan nada B ke Bb,

   w    w   h    w   w    w   h
 1   2    3    4     5    6   7    1'
F - G - A - Bb - C - D - E - F'

jadi dalam F Major Scale, nada ke 4 (fa) nya adalah Bb.

 Sampai sini sepertinya kita lihat ada 2 macam patokan key nya; Key of Sharp & Key of Flat. G Major Scale disebut juga dgn Major Scale 1#, karna dalam isi nadanya terdapat 1 tanda Sharp yaitu nada F#. sedangkan F Major Scale disebut juga dgn Major Scale 1b, karna dalam F Major Scale ada satu tanda flat, yaitu nada Bb. Dan keseluruhannya terdapat Major Scale sampe 7 sharp (#), dan 7 flat (b) juga.

berikut diagram lengkapnya;

                                      w      w      h      w       w      w       h
1#  G  Major        :      G  -  A  -   B  -   C  -   D  -  E  -   F#  - G'
2#  D  Major       :      D  -  E  -  F#  -  G  -  A   -  B   -   C#  - D'
3#  A  Major       :      A  -  B  -  C#  -  D  -  E   -  F#  -  G#  - A'
4#  E  Major       :      E  -  F# -  G#  -  A  -  B  -  C#  -  D#  -  E'
5#  B  Major       :      B  -  C# -  D#  -  E  - F#  - G#  -  A#  -  B'
6#  F# Major      :     F# - G# -  A#  -  B  - C#  - D#  -  E#  - F#'
7#  C# Major      :     C# - D# -  E#  - F#  - G#  - A#  -  B#  - C#'

* 6# >F# enharmonis dgn Gb, 7# > C# enharmonis dgn Db

                                     
                                      w      w      h      w      w      w       h
1b  F   Major       :      F  -  G  -  A   -  Bb -  C  -   D   -   E   -   F'
2b  Bb Major       :      Bb -  C  -  D  -  Eb  -  F  -   G   -  A   -  Bb'
3b  Eb Major       :      Eb -  F  -  G  -  Ab  -  Bb -   C  -   D  -  Eb'
4b  Ab Major       :     Ab -  Bb -  C  -  Db -  Eb  -  F   -  G   -  Ab'
5b  Db Major       :     Db - Eb  -  F  -  Gb -  Ab  - Bb  -  C   -  Db'
6b  Gb Major       :     Gb - Ab -  Bb -  Cb -  Db -  Eb  -   F  -  Gb'
7b  Cb Major       :     Cb - Db -  Eb -  Fb  -  Gb - Ab  -  Bb  -  Cb'


 nah itu dia penjelasan ringkas Major Scale, ada baiknya kita hafal seluruh isi nada dlm 12 key Major Scale ini, memang kelihatannya banyak sekali yg perlu dihafal. jd sebaiknya dihafalkan sedikit2, satu per satu key, sambil melatih fingering nya di instrument yg kita kuasai. Kalau perlu sambil kita nyanyikan nadanya, itu akan terasa lebih fun untuk kita latih. jadi tidak seperti mengejar hafalan dengan sistem kebut semalam :D


4 comments:

Unknown said...

hmm gitu ya Gan hehe, makasih penjelasannya. super sekali, akhirnya aku bisa memahami. nice ^_^

Firman said...

ini baru lengkap, saya jg baru baham ternyaka cakupan major scale bisa seluas itu. thx ya min semoga bermanfaat ilmunya

lalainehacke said...

Mini Touch Titanium trim as seen on tv
titanium athletics products › microtouch-titanium-tin titanium bicycle › products › ford escape titanium microtouch-titanium-tin This product is micro titanium trim a modular babyliss pro nano titanium straightener device with mic/slot.

thooshen said...

q459w0aotqd673 horse dildo,dog dildo,realistic dildo,Butterfly Vibrator,wholesale sex toys,vibrators,dildo,love dolls,sex chair i226v4elbpd478

Post a Comment